Persiapan Mengimpor Barang Dari Luar Negeri

By | February 11, 2021
Spread the love

Impor barang itu adalah salah satu kegiatan yang wajar dan juga sering dilakukan oleh para pengusaha di Indonesia. Akan tetapi tentunya kita tidak bisa sembarangan dalam melakukan impor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum impor. Ibaratnya adalah harus ada langkah persiapan sebelum melakukan impor agar supaya nantinya proses impor itu akan berjalan dengan lancar.

Akan tetapi mungkin tidak banyak orang yang tahu persiapannya, karena kebanyakan hanya pengusaha besar saja yang melakukan impor. Persiapan impor itu menjadi satu hal yang sangat penting sekali, sehingga Anda perlu sekali melakukan persiapan tersebut. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa persiapan yang mestinya dilakukan sebelum melakukan impor barang.

Mempersiapkan Persyaratan Untuk Impor

Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan impor itu adalah mempersiapkan persyaratan untuk melakukan impor terlebih dahulu. Sebab ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar supaya pengusaha itu bisa melakukan impor barang tersebut.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah surat izin impor atau API yang harus sesuai dengan jenis perusahaan yang dimiliki. API – U untuk perusahaan perdagangan dan komersial umum, dan API – P untuk perusahaan industri atau produsen produk. Anda harus memiliki persyaratan itu terlebih dahulu agar supaya Anda bisa melakukan impor barang dari luar negeri. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan surat impor API tersebut.

Mencari Tahu Legalitas Barang

Hal yang kedua adalah soal legalitas barang yang akan diimpor, apakah legal di Indonesia atau tidak itu harus benar-benar dicari tahu. Jangan sampai Anda sudah impor malah ternyata ilegal dan tentunya Anda diharuskan membayar denda dan barang yang Anda impor tidak masuk. Oleh karena itu bila mau impor Anda harus pastikan kalau barang tersebut legal, dan cari tahu juga kode dari barang impor tersebut.

Sehingga nantinya tahu berapa cukai yang harus dibayarkan untuk impor barang yang memang ingin Anda beli dari luar negeri. Anda bisa mencari di situs resmi menteri perdagangan atau di situs resmi bea dan cukai di Indonesia.

Mencari Supplier Yang Terbaik

Persiapan yang berikutnya adalah mencari supplier yang tepat untuk bisa mendapatkan produk yang terbaik dengan harga yang tepat. Karena supplier di negara lain pun beragam juga ya, sehingga kita pun harus mencari supplier yang sangat tepat. Dengan supplier yang tepat, maka produk yang kita dapatkan akan berkualitas dan itu akan sangat menguntungkan untuk perusahaan kita.

Selain itu supplier yang terbaik pun akan bisa memberikan pelayanan yang maksimal, sehingga kita akan bisa impor dengan nyaman. Selain itu supplier yang terbaik bisa menyediakan produk atau barang secara lengkap, sehingga kita bisa membeli sekaligus beberapa item dari supplier. Itu akan sangat menguntungkan untuk perdagangan yang kita lakukan dari barang impor.

Menentukan Metode Penyerahan Barang

Selanjutnya sebagai persiapan itu adalah soal metode penyerahan barang, di mana ini akan menentukan tanggung jawab supplier sampai mana. Ada metode yang membuat tanggung jawab barang sampai ke lokasi usaha kita itu adalah supplier, namun untuk ini sepertinya tidak banyak. Lalu penyerahan dilakukan di pelabuhan negara supplier, sehingga tanggung jawab barang sudah masuk ke importir.

Mulai dari jasa pengiriman kapal, jasa bea cukai, dan lain sebagainya ditanggung sendiri. Kita harus tentukan itu dari awal supaya kita tahu tanggung jawab kita mulai dari mana dan tanggung jawab supplier sampai di mana.

Menentukan Jasa Pengiriman Yang Menguntungkan

Untuk melakukan impor sendiri memang membutuhkan jasa pengiriman, dan tentunya ada beberapa pilihan jasa pengiriman antar negara. Setiap jasa pengiriman barang antar negara itu pun akan menyediakan beberapa jalur pengantaran barang dari luar negeri ke Indonesia. Mulai dari jalur darat, lalu juga jalur udara menggunakan pesawat dan juga jalur laut menggunakan kapal untuk mengantar barang.

Biaya dari jasa pengiriman sendiri sangat beragam, ada yang terbilang cukup murah dan ada juga yang bisa dibilang cukup mahal. Sebagai persiapan kita itu perlu menentukan jasa pengiriman yang tepat yang tentunya akan bisa menguntungkan bagi kita. Bukan hanya harga yang murah akan tetapi juga soal keamanan dalam pengiriman tersebut.

Menentukan Metode Pembayaran

Persiapan yang terakhir adalah menentukan metode pembayaran impor tersebut, karena ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipakai. Untuk metodenya ada 2 yakni dengan menggunakan pembayaran Non LC yang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Untuk pembayaran Non LC itu ada Cash In Advance Payment, lalu ada juga Documentary Collection, dan open account. Untuk pembayaran LC ada Usance, lalu ada Sight LC, dan terakhir ada Red Clause. Itulah beberapa persiapan yang seharusnya dilakukan sebelum impor.